RSS

Keutamaan Shalat Subuh

09 Mar

Ada banyak manfaat jika kita bisa melaksanakan shalat subuh, di antaranya sebagai berikut :

1.  Siapa pun menjaga shalat subuh akan selamat dari api neraka

Rasulullah memberikan kabar gembira sebagaimana diriwayatkan oleh Muslim dari Imarah bin Ruaibah bahwa Nabi bersabda, “Tidak akan masuk neraka orang yang mengerjakan shalat sebelum matahari terbit dan shalat sebelum matahari terenam.”  “Shalat sebelum matahari terbit dan shalat sebelum matahari terbenam.” Maksudnya adalah shalat subuh dan shalat ashar berjama’ah di masjid bagi orang yang mempu mengerjakannya.

2. Dia berjalan dikelilingi sinar terang

Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman: (yang artinya)

“Hai orang-orang yang beriman (kepada para Rasul), bertakwalah kepada Allah dan berimanlah kepada Rasul-Nya, niscaya Allah memerikan rahmat-Nya kepadamu dua bagian, dan menjadikan untukmu cahaya yang dengan cahaya itu kamu dapat berjalan dan mengampuni kamu. Dan Allah Maha Pengampun Lagi Maha Penyayang.” (QS. Al-Hadid:28)

“(Yaitu) pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, (dikatakan kepada mereka), “Pada hari ini ada berita gembira untukmu,(yaitu) surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai, yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang besar. Pada hari ketika orang munafik laki-laki dan perempuan berkata kepada orang-orang beriman, ‘Tunggulah kamu supaya kami dapat mengambil sebagian dari cahayamu.’ Dikatakan (kepada mereka), ‘Kembalilah kamu ke belakang  dan carilah sendiri cahaya (untukmu).’ Lalu diadakan di antara mereka dinding yang mempunyai pintu. Di sebelah dalamnya ada rahmat dan di sebelah luarnya dari situ ada siksa.” (QS. Al-Hadid:12-13)

Kisah ayat ini asalah, di antara padang mahsyar dan surga terbentang jembatan melintang di atas neraka Jahannam. jembatan itu adalah jalan satu-satunya menuju ke surga. maka untuk sampai ke surga harus memasuki dan melewati jembatan jalan tersebut. Kegelapan meliputi jembatan itu. Dan tidak ada seorang yang dapat melewatinya, kecuali dengan membawa cahaya yang meneranginya, Abdullah bin Mas’ud radhiyallahu ‘anhu berkata:

“Mereka akan diberikan cahaya berdasarkan kadar amalnya untuk melewati jembatan. Di antara mereka ada yang cahayanya sebesar gunung dan ada yang sebesar buah kurma. cahaya paling kecil adalah cahaya pada jari jempolnya yang terkadang menyala dan terkadang mati.

Barang siapa yang berharap kepada Allah agar menyempurnakan cahaya baginya, sehingga bisa melewati shirath tanpa terpeleset, maka hendaklah memperbanyak langkah jalannya ke masjid di kegelapan malam sampai waktu shalat subuh.

Subhanallah, apa masih ingin meninggalkan shalat subuh lagi setelah membaca keutamaannya?

Referensi :

Al-Qarni, Samir (2010). Dahsyatnya Shalat Subuh. Jakarta Timur: Bumi Media.

 

 

Tag:

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: